DPRD bersama Pemda Gelar Rapat Paripurna Jelang HUT ke-7 Buteng

  • Whatsapp

BUTENG, SULTRA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng), menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pidato Bupati Buteng jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Buteng ke – VII yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2021, di aula rapat DPRD Buteng, Kamis (22/7/2021).

Rapat paripurna yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto, bersama Wakil Ketua dan anggota yang turut dihadiri langsung oleh Bupati Buteng, H Samahuddin, Sekertaris Daerah (Sekda) Buteng, H Kostantinus Bukide serta segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, lurah dan Desa berjalan dengan Hidmat dan lancar.

Dalam pidatonya dihadapan dewan, Bupati Buteng, H Samahuddin memaparkan hasil pembangunannya dimasa 4 tahun kepemimpinannya. Diantaranya, menerima predikat Wajar Tampa Pengecualian (WTP) secara beruntun sebanyak 4 kali sejak tahun 2017.

Selanjutnya, Samahuddin mengulas pertumbuhan ekonomi sejak tahun 2018-2020. Ditahun 2018 misalnya, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,83 persen. Tahun 2019 menjadi 6,26 persen. Sedangkan tahun 2020 mengalami penurunan cukup signifikan, yakni 3,07 persen.

“Meski tahun 2020 mengalami penurunan, akan tetapi masih memiliki tren positif. Karena semua daerah pertumbuhan ekonomi mengalami minus bahkan nol akibat pandemi Covid-19. Dan Alhamdulillah, angka pertumbuhan kita saat ini menduduki posisi kedua setelah Kabupaten Konawe,” ujar Samahuddin

Kemudian, Sambungnya, mengulas juga pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih relatif stabil bahkan tidak menurun. Jika dilihat di tahun 2014, IPM Buteng mencapai angka 61,69 persen. Kenaikan kembali terjadi di tahun 2018 menjadi 63,46 persen. Begitu juga di tahun 2019 dan 2020 stop di angka 64,37 persen.

“Sementara untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pemkab Buteng Selalu menggelontorkan beasiswa bagi masyarakat Buteng tiap tahun nya senilai 1 milyar. Dan beasiswa akan terus dianggarkan di tahun-tahun yang akan datang,” ulasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *