Talaga Siap Jadi Kecamatan Bersih

  • Whatsapp

 

BUTON TENGAH, SULTRA – Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah (Buteng) siap mejadi kecamatan beraih. Pasalnya, Lahan yang akan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah talah siap untuk digunakan.

Camat Talaga Raya, Zaludin, mengatakan lahan tersebut merupakan kebun masyarakat yang jaraknya cukup jauh dengan pemukiman warga, juga jauh degan laut dengan luas kurang lebih 1 hektar.

” Jaraknya lumayan jauh dan masuk wilayah Liwu Lompona di bagian jalan lingkar,” tuturnya saat dikonfirmasi oleh rekan media, Kamis (30/9/2021)

Lahan yang dibandro dengan hargal Rp 75 Juta rupiah tersebut, lanjut Zaludin, telah dilakukan peninjauan lokasi dan hasilnya, Muspika Kecamatan bakal menggelar rapat bersama dengan tokoh masyarakat untuk mengagendakan gotong royong pembersihan lahan dan pembuatan akses jalan sementara menuju ke lokasi.

“Uang lahan tersebut murni dari hasil pantungan dari kepala desa dan sebagian sumbangan dari masyarakat, karena memang masalah sampah di Kecamatan Talaga ini sangatlah krusial,”

Dengan siapnya lahan tersebut, jelas Zaludin, pihak kecamatan kedepan akan mengkoordinasikan hal ini kepada pimpinan wilayah, DPRD dan dinas terkait, agar dapat dibantu perbaikan akses jalan menuju lokasi yang panjangnya kurang lebih 200 meter dan armada pengangkut sampah sehingga Kecamatan Talaga Raya dapat terlihat bersih kedepannya.

“Setelah dari sini kami akan tinjau juga pembuangan sampah kedesa-desa seperti Talaga Besar, Wulu dan Kokoe,” sambungnya

Olehnya itu, harap Zaludin, sifat kebersamaan dan gotong royong yang menjadi kebiasaan masyarakat Talaga Raya selama ini, harus tetap dijaga dan dilestarikan, demi kemajuan dan kebersihan pulau Talaga kedepannya.

” Pemerintah kecamatan mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah ikut terlibat dan berpartisipasi, serta pemilik lahan yang telah mengiklasnkan lahannya untuk dilalui jalan menuju lokasi pembuangan, semoga kebaikannya bermanfaat bagi semua kebaikan bersama,” pungkasnya

(Ali Tidar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *