Destinasi Wisata Buton Utara Minim Promosi

  • Whatsapp
Salah satu wisata di Buton Utara

 

BUTON UTARA – Pariwisata di Kabupaten Buton Utara (Butur) dinilai masih sangat lemah dari sisi promosi dan belum memiliki konsep yang terarah. Padahal, detinasi wisata di daerah itu terbilang cukup banyak.

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata), Suara Fandi, sektor wisata di Butur kekurangan promosi. Katanya, zaman sekarang ini seharusnya lebih mudah mendapat akses dengan cepat, apalagi menggunakan berbagai aplikasi atau website resmi dari dinas terkait.

Fandi mengatakan, otoritas pariwisata di Butur sangat minim publikasi, kurangnya seminar, konsolidasi maupun koordinasi stakeholder, pelibatan organisasi atau perkumpulan pencinta wisata setempat untuk mendorong angka kunjungan baik dalam daerah maupun yang berasal dari luar daerah, sangat minim.

“Pengembangan wisata juga hanya sebatas dibuat tanpa dilakukan pemeliharaan secara berjangka demi mempertahankan keindahannya,” kata Fandi sapaan akrabnya kepada Wartawan.

Selain itu, lanjutnya, selain minimnya promosi dan inovasi, infrastruktur merupakan salah satu penunjang utama untuk peningkatan destinasi wisata, juga terbatas.

“Sebab bukan hanya memudahkan aktivitas orang per orang, akan tetapi juga penting buat sektor wisata. Karena, perpindahan orang antar destinasi menjadi sangat mudah dan cepat,” tukasnya, Selasa (5/10/2021)

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Buton Utara, Mansyur, saat dihubungi via telepon selulernya menerangkan, bahwa selain kesiapan mental antara pemerintah daerah dan masyarakat, sarana dan prasarana menjadi hal pendukung yang utama agar segala proses baik promosi maupun pengembangan wisata dapat terangkat bersamaan.

Oleh karena itu, Pemerintah terus melakukan upaya agar sektor Pariwisata serta budaya dapat berkembang dengan baik.

“Tentunya didukung oleh kesiapan mental, fisik dan komitmen antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat agar Wisata dan Budaya Buton Utara tetap kokoh,” ungkapnya.

(Yanti)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *