ITY Jogja dan Unidayan Hadir di Mubar, Andi Muna: Bisa Jadi Ini Akan Menjadi Cikal Bakal Lahirnya Universitas Nantinya

  • Whatsapp
Pelaksana tekhnis penerimaan mahasiswa baru yang juga Kepala Kesbangpol Mubar, Laode Andi Muna, S.Sos,.M.Si (Zul).

MUBAR, SULTRA – Untuk meningkatan percepatan pembangunan daerah khususnya sumber daya manusia (SDM), Pemkab Muna Barat, Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) Yogyakarta dan Unidayan Bau-bau menjalin kerja sama membuka kelas perkuliahan di Muna Barat.

Pelaksana teknis penerimaan mahasiswa baru, La Ode Andi Muna meyakini dengan dibukanya kelas pengembangan dari dua Universitas ini akan berdampak positif untuk kemajuan daerah.

“Langkah ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia dan upaya memberikan sumbangsih pada pembangunan ekonomi berbasis masyarakat,” kata Andi Muna saat ditemui di kantornya, Senin, 20 September 2021.

Selain itu, Kepala Kesbangpol Mubar ini menambahkan hadirnya dua perguruan tinggi ini bisa jadi akan menjadi cikal bakal lahirnya sebuah universitas di Mubar.

“Bisa jadi ini akan menjadi cikal bakal lahirnya universitas nantinya. Jadi, kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan ini,” cetusnya.

Andi Muna melihat selama ini generasi kita usai menamatkan sekolah lanjutan maka otomatis keluar daerah kalau untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Sehingga uang dari orang tua kita pasti banyak keluar. Maka dengan hadirnya kelas perkuliahan di Mubar bisa berputar disini,” lanjutnya.

Mengenai lokasi pendaftaran, Andi Muna mengatakan calon mahasiswa baru dapat mendaftarkan diri di Islamic Center dan kantor Kesbangpol Muna Barat.

“Untuk pendaftaran saat ini telah di buka sedangkan untuk proses perkulihaan di jadwalkan bulan Oktober tahun ini. Saat ini sudah ada 9 pendaftar baik S1 maupun S2,” ujarnya.

Adapun jurusan yang di buka adalah, untuk kampus Unidayan membuka Jurusan Program Strata Satu (S1) yakni, S1 Hukum, Sospol, Ekonomi, Pertanian, PKM, PKIP, Teknik sedangkan Program Studi Pasca Sarjana (S2) Administrasi Negara.

Sementara, untuk ITY Yogyakarta membuka Jurusan S2 dan S3 dengan Jurusan Manajemen Lingkungan, Teknik Lingkungan dan Konsentrasi Ilmu Lingkungan.

Sebelumnya, kerja sama (MoU) tersebut telah ditandatangani bersama antara Bupati Muna Barat Achmad Lamani dan Rektor Unidayan Ir. L.M. Sjamsul Qamar di Kantor Bupati Mubar, Senin, 13 September 2021.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *