Jelang Pemilihan, Panpel Pemilihan Calon Anggota BPD Lombu Jaya Mubar Gelar Sosialisasi Pencoblosan

  • Whatsapp
Situasi simulasi tata cara pencoblosan calon anggota BPD Desa Lombu Jaya oleh panitia pemilihan, di balai pertemuan desa, Selasa, 29 Juni 2021. (Zul).

MUBAR, SULTRA – Menjelang pemilihan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), panitia pelaksana pemilihan BPD Desa Lombu Jaya Kecamatan Sawerigadi menggelar sosialisasi simulasi tata cara pemilihan kepada warga.

Kegiatan dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Lombu Jaya pada Selasa, 29 Juni 2021 yang dihadiri Kepala Desa beserta perangkatnya dan masyarakat.

Kepala Desa Lombu Jaya Laode Andi Yusuf mengatakan sosialisasi seperti itu sangatlah penting untuk memastikan benar-benar bahwa suara yang kita berikan itu sah dan sesuai.

“Ini adalah penting mengingat pemilih banyak yang sudah lansia sehingga suara yang diberikan itu tidak batal,” kata Andi Yusuf dalam sambutannya.

Andi menyebut calon yang terpilih nantinya akan berkiprah untuk bisa membantu kita di desa dalam hal pemerintahan, sosial kemasyarakatan dan pembangunan.

“BPD adalah mitra pemerintah desa. Jadi, para calon silahkan berjuang, siapa saja yang lahir dari setiap calon ini sudah itulah mitra kita untuk sama-sama memikirkan Desa Lombu Jaya ini kedepan,” jelas Kades.

Olehnya itu, Andi Yusuf mengajak semua masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas demi mensukseskan pemilihan calon anggota BPD ini sehingga tercipta kenyamanan dan ketertiban bagi masyarakat.

“Saya selaku Kepala Desa berharap dalam pesta pemilihan calon anggota BPD mari kita ciptakan suasana kondusif dan menjaga kamtibmas desa kita karena ini pesta demokrasi kita semua,” harapnya.

Tak lupa Andi Yusuf mengingatkan agar warganya tetap taat akan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Dirinya menyampaikan pada saat pemilihan, warga tetap mematuhi 3 M khususnya penggunaan masker.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan La Didi menyatakan pada prinsipnya pemilihan calon anggota BPD sama dengan pemilihan secara umum baik pemilu, pilgub, dan pilkada. Hanya saja, pemilihan BPD di Desa Lombu Jaya memilih sesuai perwakilan wilayah dusun misal calon anggota BPD dusun 1 hanya bisa dipilih oleh pemilih yang terdaftar pada dusun tersebut.

“Dalam pemilihan nanti, pemilih hanya bisa memilih perwakilan calon anggota BPD di wilayah dusunnya kecuali keterwakilan perempuan yang hanya dipilih oleh pemilih perempuan yang terdaftar dalam DPT secara keseluruhan baik dusun 1 maupun dusun 2. Jadi pemilih perempuan memiliki dua surat pemberitahuan, mereka dua kali mencoblos satu untuk calon BPD di dusunnya satu lagi untuk keterwakilan perempuan,” jelas La Didi.

La Didi menyebut jumlah pemilih di Desa Lombu Jaya yang terdaftar dalam DPT sebanyak 368 orang, dusun 1 berjumlah 220 orang dan dusun 2 sebanyak 148 orang sedangkan pemilih perempuan secara keseluruhan 180.

“Anggota BPD kan 5 orang. Nanti pemenangnya adalah suara terbanyak 1 dan 2 untuk masing-masing dusun ditambah 1 orang suara terbanyak dari keterwakilan perempuan,” terang La Didi.

Untuk diketahui, pemilihan calon anggota BPD Desa Lombu Jaya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Juli 2021 mendatang di balai pertemuan desa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *