PTSL dan Redistribusi Tanah Masih Menjadi Progres Unggulan BPN Mubar

  • Whatsapp
Kepala Kantor BPN/ATR Kabupaten Muna Barat, Moh. Zakaria saat ditemui di kantornya, Selasa, 7 September 2021. (Zul).

MUBAR, SULTRA – Pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dan redistribusi tanah merupakan program strategis nasional dan masih diharapkan masyarakat.

Untuk di Kabupaten Muna Barat, program PTSL dan redistribusi tanah masih menjadi program andalan Badan Pertanahan Nasional setempat.

Kepala Kantor BPN/ATR Mubar Moh. Zakaria mengatakan akibat recofusing anggaran, PTSL tidak sesuai rencana awal untuk progres pada tahun ini.

“Rencana awal untuk PTSL itu 13.960 bidang tanah. Tapi karena recofusing anggaran, yang dicapai hanya 7500 bidang dan yang sudah jadi sertifikat baru 900 bidang untuk ditahun ini sisanya (6600) bidang ditarget tahun depan,” kata Zakaria saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 7 September 2021.

Selain itu lanjut Zakaria, untuk redistribusi pihaknya sudah mencapai sekitar 3000-an bidang.

“Itu juga target awal adalah 3500,” tambahnya.

Ia menyebut saat ini, sebagian sertifikat yang sudah dikeluarkan sudah diserahkan kepada masyarakat secara langsung.

“Kita juga sudah penyerahan sertifikat di Desa Tiga Pulau Mandike dan Desa Wulanga Jaya beberapa waktu lalu. Selain itu, sebagian sudah keluar dan ada juga yang masih diproses,” sebutnya.

Disamping itu, Zakaria optimis semua bidang tanah yang belum disertifikatkan akan diselesaikan tahun depan.

“Berdasarkan hasil analisis, yang belum disertifikatkan sekira 5000 lebih bidang tanah. Jadi 2022 bisa kita targetkan semua ini,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *