Sejumlah Desa di Sawerigadi Mubar Berpotensi Masuk Desa Wisata, Camat: Segera Usulkan Proposalnya

  • Whatsapp
Camat Sawerigadi Laode Mustakim,S. Pd. (Foto: Zul).

MUBAR, SULTRA – Menindaklanjuti program Pemerintah Kabupaten Muna Barat ( Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang mulai menggagas program Desa Wisata, pemerintah desa se-Kecamatan Sawerigadi diminta mulai menyusun proposal untuk mengusulkan desanya agar bisa masuk dan ditetapkan sebagai Desa Wisata.

Camat Sawerigadi Laode Mustakim mengatakan, potensi Desa Wisata untuk di Kecamatan Sawerigadi sangat besar seperti Desa Waukuni dengan wisata mangrove, Desa Lakalamba dengan wisata air tawar, Desa Marobea dengan wisata bendungan, dan Desa Lawada dengan wisata persawahan dan irigasi. Bukan hanya itu, desa-desa lainnya juga memiliki potensi yang sama dan nanti dilihat dari profil desa masing-masing.

Bacaan Lainnya

Camat Sawerigadi Laode Mustakim saat pimpin rapat bersama Kades dan didampingi Tenaga Ahli Kabupaten Dinas PMD Mubar di balai Desa Lombu Jaya, Selasa, 15 Juni 2021.

“Ada beberapa desa yang berpotensi sebagai Desa Wisata. Jadi untuk masuk sebagai desa wisata, semua kades segera masukan proposal usulannya,” ungkap Mustakim saat ditemui di kantornya usai rapat dengan Kades di wilayahnya, Selasa, 15 Juni 2021.

Menurutnya, Desa Wisata membuka peluang meningkatnya Pendapatan Asli Desa (PAD) dan juga pendapatan ekonomi masyarakat meningkat.

“Tentu ini kabar baik bagi desa-desa yang ada potensi wisata. Jika sudah dtetapkan sebagai Desa Wisata, peluang proyeksi bantuan khususnya anggaran baik dari daerah maupun pusat untuk Desa Wisata itu sangat besar,” jelas Camat.

Olehnya itu, Mustakim berharap semua desa di Kecamatan Sawerigadi secepatnya memanfaatkan peluang ini dengan menyusun usulannya dan juga harus program pariwisata harus tertuang juga dalam visi misi Kades melalui RPJMDes.

“Saya berharap agar secepatnya Kades menyusun proposal. Kan sudah diberikan formatnya itu,” cetusnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *