Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Rawan Bencana, BPBD Mubar Sasar Siswa-Siswi SMA dan SMK

  • Whatsapp
Kepala BPBD Mubar, Ibrahim Rasimu (tengah) saat membuka kegiatan sosialisasi rawan bencana di SMA 1 Tikep, Jumat, 2 Juli 2021. (Zul)

 

MUBAR- Sebagai bentuk upaya penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sosialisasi komunikasi, informasi, dan edukasi terkait rawan bencana.

Bacaan Lainnya

Kali ini, BPBD menyasar siswa/siswi SMA/SMK se-Kabupaten Muna Barat yang dilaksanakan mulai kemarin dan hari ini (1-2 Juli) di tempat berbeda yakni di SMA 1 Lawa dan hari ini di SMA 1 Tikep.

Kepala BPBD Mubar Ibrahim Rasimu menyatakan maksud dan tujuan sosialisasi ini memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya kepada para siswa terkait pentingnya komunikasi, informasi, dan edukasi dalam menghadapi bencana.

“Salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah pemahaman tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana dan tersusunnya pola atau rencana yang sistematis untuk mencegah dan mengurangi resiko bencana dalam wilayah Kabupaten Muna Barat,” jelas Ibrahim dalam sambutannya, Jum’at, 2 Juli 2021.

Dikatakannya, Mubar merupakan salah satu daerah yang rawan bencana khususnya banjir dan genangan air ketika hujan, abrasi pantai, puting beliung, dan karhutla.

Olehnya itu, lanjut mantan Asisten 1 Setda Mubar itu meminta masyarakat untuk tetap siaga dan untuk itu pemberian pemahaman dan edukasi terkait tanggap darurat perlu disosialisasikan.

“Khusus wilayah Mubar lima tahun terakhir bencana banjir dan genangan selalu datang. Selan itu juga puting beliung, Abrasi pantai dan kebakaran hutan dan lahan. Bencana ini bisanya datangnya berulang setiap tahun,” ungkapnya.

Selain itu, Ibrahim juga menyampaikan kepada siswa- siswi untuk terus mendukung program pemerintah daerah dan menjaga aset-aset pemerintah sehinga Mubar bisa sejajar dengan daerah lain.

“Pemkab Mubar minta kepada masyarakat khsususnya siswa- siswi sebagai generasi penerus bangsa untuk selalu mendukung program pembangunan yang ada di Kabupaten Muna Barat serta memelihara hasil pembangunan tersebut,” pesan Ibrahim.

Di tempat yang sama, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Mubar Laode Mirad mengatakan jika terjadi bencana disekitar harap dilaporkan melalui call center BPBD Mubar.

“Jika terjadi bencana agar difoto dan menghubungi BPBD melalui nomor call center 081244856675. Adik-adik ini sudah masuk sebagai tenaga handal untuk membantu pemerintah khususnya dalam hal penanggulangan bencana,” sebut Mirad.

Mirad menyebut kegiatan sosialisasi terkait kebencanaan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo saat Rakornas beberapa waktu lalu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *