Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Distan Mubar Hadirkan Langsung Pembeli Jagung Nasional

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pertanian Mubar, Nestor Jono saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 22 September 2021. (Zul).

MUBAR, SULTRA – Melihat potensi produksi jagung kuning di Kabupaten Muna Barat, PT. Segar Agro Nusantara hadir bersosialisasi di Mubar.

Difasilitasi Dinas Pertanian dan Pangan setempat, PT. Segar Agro Nusantara menyampaikan beberapa program dihadapan para petani di Mubar, Rabu, 22 September 2021.

Program itu yakni pihak perusahaan akan membeli jagung kuning langsung dari petani mengikuti harga pasaran secara nasional.

Untuk meningkatkan hasil produksi jagung kuning, pihak perusahaan juga menyediakan paket pupuk yang bisa dibeli petani melalui koperasi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Mubar Nestor Jono mengatakan pihaknya hanya memfasilitasi pihak PT. Segar Agro Nusantara dengan petani yang ada di Mubar.

“Kerjasamanya tidak mengikat. Mereka akan membeli produk kita sepanjang kualitas bagus yang mana harganya mengikut harga nasional, karena ini pembeli nasional,” ungkap Nestor saat ditemui usai kegiatan, Rabu, 22 September 2021.

Nestor menyebut program seperti ini sesuai dengan progres pemerintah daerah dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

“Untuk mensejahterakan petani, hari ini kita coba datangkan langsung pembeli jagung dari Jakarta. Selain itu, manfaat kita bergabung dengan koperasi yang bekerja sama dengan perusahaan itu adalah harga aman karena dikontrol oleh empat perusahaan nasional pembeli jagung itu. Jadi harga tranparansi,”jelas Nestor.

Kata dia, untuk tahap awal melalui kelompok tani pihaknya akan uji coba lahan siap tanam sekitar 1000 hektar.

“Kalau ini menguntungkan kedepannya akan ditambah lagi. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas produk jagung kuning kita, mereka akan mendampingi langsung. Kulaitas jagung akan bertambah dengan penambahan perlakuan terhadap jagung kita,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *