Pekan Depan, Disdukcapil Mubar Terima Tiga Ribu Keping Blangko KTP

  • Whatsapp

MUBAR, SULTRA – Di tengah pandemi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna Barat (Mubar) terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait percetakan KTP-El.

Baru-baru ini, Disdukcapil Mubar mengusul 3 ribu keping blangko KTP-El ke pihak Pemprov untuk diturunkan ke Mubar. Padahal, sebelumnya pihak Didukcapil Mubar sudah mengusulkan sebanyak 8000 keping blangko ke Kemendagri.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Dukcapil Mubar Burhanuddin mengatakan dengan adanya penerapan PPKM di pulau Jawa khususnya Ibukota Jakarta mengakibatkan tidak bisa melakukan perjalanan dinas ke Pemerintah Pusat sehingga untuk menutupi kekurangan blangko KTP-El pihaknya mengusul ke Didukcapil Provinsi.

“Karena tidak bisa keluar daerah, kemarin kami sudah usul ke Disdukcapil provinsi alhamdulillah diacc sebanyak 3 ribu keping akan diturunkan di Mubar, insya Allah selasa sudah disini,” ungkap Burhanuddin saat ditemui di kantornya, Kamis, (8/6/ 2021).

BACA JUGA: Warga Mubar Antusias Ikut Vaksinasi, Stok Vaksin Habis

BACA JUGA: Persentase Vaksinasi Satpol PP Mubar Capai 87 Persen

Dijelaskannya, pengusulan ribuan keping blanko itu mengingat daerah dibawah otorita Achmad Lamani itu mengejar target nasional wajib KTP, yang dibebankan negara sebanyak 98 persen. Sedangkan, yang sudah dicapai 96 persen.

“Jadi, kita mengusul ribuan blanko KTP. Kita kejar target nasional. Tersisa 2 persen lagi untuk memenuhi target itu. Apalagi, kita sekarang blanko tinggal tersisa 1000-an,” lanjutnya.

Pihaknya, kata dia, setidaknya perharinya itu, bisa mencetak 100-an KTP. Makanya, tak sampai dua bulan, blanko habis. Blanko itu, digunakan untuk pencetakan yang baru maupun penggantian kartu yang sudah usang.

“Kita forsir pencetakan KTP di daerah pulau-pulau. Kita jemput bola. Karena, kadang disana masyarakat kurang sadar. Apalagi, kita kejar target nasional itu harus capai tahun ini. In Sya Allah, tidak ada hambatan,” terangnya.

Mantan Kadis Koperasi dan UMKM Mubar ini menyebut saat ini sekitar 3000-4000 warga Mubar yang sudah wajib ber KTP terkonfirmasi belum melakukan perekaman KTP-El.

“Ini menjadi beban kita juga. Jadi kami harap masyarakat yang belum ber-KTP memiliki kesadaran agar segera melakukan perekaman. Jangan nanti ada keperluan mendadak baru merekam. Apalagi sekarang penerimaan CPNS sudah dimulai lagi otomatis administrasi kependudukan itu perlu,” cetusnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *